16 Agustus 2008

Rancanglah Kesuksesan Anda

Sore selepas sholat ashar ditemani dengan pisang goreng buatan istri dan secangkir teh manis, serta iringan musik gerimis dari alam membuat percakapan kami begitu santai dan nikmat. Si kecil masih tidur pulas.

Pembicaraan akhirnya masuk pada dunia bisnis. Akhirnya masuk pada pencarian peluang-peluang yang ada, prospek serta penelusuran potensi diri. Melibatkan bagaimana suatu prospek bidang usaha, kendala-kendala dan akhirnya menentukan apa yang harus kita lakukan.

Tanpa sengaja dalam perjalanan ke kantor bersama-sama dengan taman, juga ngomongin masalah bisnis. Kita telah sama-sama terjun dalam dunia bisnis, saya di K-Link sementara teman pada suatu bidang usaha yang lain.

Kita saling bertukar pikiran dengan tidak berusaha saling menggurui. Bertukar pikiran mengenai pengalaman-pengalaman baik keberhasilan dan kegagalan-kegagalan, kendala-kendala yang ada dan bagaimana meningkatkan usahanya serta bagaimana memotivasi diri manakala kita sedang down.

Mengalir dari salah satu permasalahan yang sedang dihadapi, pembicaraan akhirnya berkembang menjadi mengasikkan. Sebetulnya kata kuncinya sangat sederhana, yaitu "mengapa semua itu bisa terjadi?"

Akhirnya kita berusaha menjawab satu pertanyaan itu, dan ternyata jawaban dari pertanyaan itu sangat banyak sekali. Kalo bisa saya kelompokkan, jawaban-jawaban dari pertanyaan itu terbagi dalam :

  • Kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan apa saja yang ada dalam menjalankan usaha tersebut. Kekurangan bisa berasal dari diri kita sendiri, strategi yang kita terapkan, alat produksi, promosi dan lain sebagainya.
  • Kelebihan-kelebihan apa saja yang ada yang belum dioptimalkan dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal ini termasuk tools apa saja yang ada yang belum kita pakai dan optimalkan. Termasuk potensi diri yang sudah ada dan perlu ditingkatkan.
  • Inovasi apa yang bisa dilakukan agar kita tidak terjebak hanya menjalankan bisnis ini dengan cara-cara yang telah kita terapkan selama ini.

Banyak sekali jawaban-jawaban yang berusaha kita gali, dan hal ini menjadi salah satu evaluasi kinerja untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Pada saat kita akan memulai suatu usaha, berbagai analisa telah kita lakukan agar usaha kita berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal, baik itu mengenai prospek dan kendala-kendala yang ada. Akan tetapi setelah kita menjalaninya, akan muncul kendala-kendala yang pada awalnya tidak kita perkirakan. Inilah perlunya evaluasi kenapa kendala ini bisa muncul dan bagaimana mengatasinya, dan hal ini akan sangat mengasikkan dan memicu andrenalin kita.

Dengan adanya evaluasi dan perbaikan terhadap sistem, maka kendala yang muncul yang tidak kita harapkan bukan menjadikan kita menjadi down, akan tetapi justru akan memicu kita untuk meningkatkan kekebalan sistem yang kita jalankan, sehingga sistem yang kita jalankan akan menjadi lebih perfect.

Setelah sampai di kantor, baru aku menyadari ternyata seharian tadi tanpa sengaja saya telah menjalankan metoda analisa SWOT. Sore tadi bersama istri, menjalankan analisa SWOT untuk memulai merancang suatu usaha. Sedangkan dalam perjalanan tadi melaksanakan analisa SWOT untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul selama menjalankan usaha.

Apa dan bagaimana analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) akan saya bahas dalam artikel yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar